Finansial dan Keuangan

Not just another WordPress.com weblog

Evaluasi Keuangan Akhir Tahun (Bagian I)

Posted by Antonius Blantran de Rozari on 28 December 2008

Menjelang tutup tahun, setiap orang umumnya berharap bahwa pencapaian yang akan diraih di tahun yang akan datang jauh lebih baik dibanding tahun yang akan berlalu. Walau harapan-harapan tersebut bisa bermacam-macam, namun hampir bisa dipastikan sebagian besar akan berdampak terhadap kondisi finansial anda di tahun mendatang. Keinginan-keinginan seperti menikah, memiliki anak, rumah atau kendaraan, melanjutkan pendidikan, berlibur dan sebagainya sudah pasti memerlukan pendanaan yang sumbernya telah ditentukan dengan matang. Jangan sampai akhirnya anda kecewa akibat tidak tercapainya harapan-harapan tersebut akibat minimnya dana atau malah terlilit hutang akibat memaksakan diri memenuhi harapan yang sebenarnya belum bisa anda capai. Perlu anda ingat bahwa pencapaian-pencapaian dalam hidup kita dibangun melalui pencapaian-pencapaian yang lebih kecil, sederhana dengan target waktu yang lebih pendek. Seiring dengan waktu, prestasi-prestasi kecil ini berakumulasi, memberikan pijakan yang kokoh kepada anda untuk menggapai prestasi-prestasi yang lebih besar.

Berdasarkan penjelasan di atas, anda tentu sudah memahami pentingnya evaluasi finansial tahunan sebagai wahana pencapaian tujuan finansial hidup anda. Tulisan ini akan membahas mengenai penyusunan evaluasi finansial tahunan yang diturunkan dari Tujuan Finansial Hidup anda.

Evaluasi Finansial Tahunan biasanya dimulai dari menghitung perubahan kekayaan bersih (Net Worth), dilanjutkan dengan mengukur kesehatan finansial anda melalui rasio-rasio finansial dan diakhiri dengan menetapkan target-target finansial yang anda ingin capai di tahun depan. Urutan ini wajib diikuti karena setiap tahap bergantung dari hasil (output) tahap sebelumnya. Oleh karena itu mari kita mulai dengan membahas perhitungan kekayaan bersih.

Kekayaan bersih dihitung dengan menggunakan laporan neraca (balance sheet) untuk tahun berjalan dan tahun sebelumnya. Laporan neraca ini serupa dengan neraca keuangan yang digunakan untuk laporan tahunan keuangan perusahaan dengan sejumlah penyederhanaan seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Laporan Neraca

Laporan Neraca

Di sebelah kiri adalah aset, kekayaan yang anda miliki, yang terbagi atas Aset Lancar, Aset Tetap dan Investasi. Aset yang termasuk dalam Aset Lancar memiliki sifat likuid artinya mudah anda konversikan ke dalam bentuk uang dalam waktu yang singkat, sementara Aset Tetap bersifat tidak likuid. Khusus menyangkut investasi, walaupun ada yang likuid, aset ini bersifat jangka panjang dengan pengertian manfaatnya anda baru rasakan di atas 5 tahun.  Di sisi kanan adalah hutang dan kekayaan bersih. Hutang Lancar adalah hutang jangka pendek yang bisa anda lunasi dalam waktu kurang dari satu bulan, sementara Hutang Jangka Panjang memerlukan waktu minimal satu tahun untuk melunasinya dan berdasarkan surat perjanjian kredit.  Di sisi kanan paling bawah adalah Kekayaan Bersih yang merupakan selisih total aset terhadap total hutang. Anda mungkin bertanya apakah mungkinkah Kekayaan bersih bernilai negatif? Jawabannya mungkin saja. Hal ini bisa terjadi karena hutang anda lebih besar daripada aset yang anda miliki, pertanda kondisi finansial anda tidak sehat dan perlu menjalani rawat inap.

Neraca seperti pada gambar di atas tersedia dalam format spreadsheet Microsoft Excel yang dapat anda download di 
sini
. Sebenarnya ada beberapa peranti lunak seperti Microsoft Money atau Intuit Quicken dapat melakukan penghitung Kekayaan Bersih setiap saat. Namun penguasaannya memerlukan waktu dan latihan, yang tidak dapat dibahas dalam satu atau dua artikel.

Selamat mengisi neraca tahunan!

Add to Technorati Favorites

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: